Share merawat dan mengkilapkan cat mobil-Motor menggunakan "Kinclong A / B": Mudah,murah,aman, jadi Peluang Usaha kita!

TIPS FUEL PUMP

Pengalaman tak mengenakkan berkaitan dengan FUEL PUMP honda Jazz saya, saya tulis barangkali bermanfaat bagi pembaca . Tanggal 1 Mei 2013 kemarin saya bersama isteri keliling Yogya menggunakan honda jazz kesayangan. Sesampai di Jalan Perintis Kemerdekaan, tiba-tiba mobil saya mendadak mogok. Kami sempat bingung juga berkali-kali di starter tetep ngadat. Cek bensin, masih dikit, accu baik....akhirnya saya cari bengkel mobil terdekat. Setelah tanya sana-sini...ada seorang bapak yang baik hati memberi petunjuk bengkel mobil terdekat, sekaligus meminjami motor untuk meluncuk ke bengkel itu (Alhamdulillah, smoga bapak tersebut mendapat pahala atas kebaikannya).

Akhirnya ketemu juga bengkel mobil tersebut, pemiliknya langsung meluncur, menyambangi mobil saya yang mogok. setelah di cek sana-sini....diagnosanya "fuel pump buntu". Pada akhirnya mobil tersebut diderek ke bengkel di perbaiki. Mengingat waktu sudah hampir maghrib...mobil saya tinggal, saya dan istri pulang dengan meminjam motor sang bengkel.

Siang harinya, saya dikontak bahwa mobil sudah jadi. Saya pun bergegas meluncur ke bengkel. Pak Bengkel mengatakan bahwa filter kotor namun sudah dibersihkan....dan mobil sudah bisa dibawa pulang. Akhirnya mobil pun saya geber melunur ke rumah.......kira-kira 1/2 jam melunur di jalan, saya baru merasakan ada sesuatu yg tidak beres, tiap berenti di lampu merah, mobil terasa tersendat-sendat. Dan benar, akhirnya honda jazz tersebut mogok lagi persis di depan lampu gantung. Saya sempat panik karena lalulintas jadi macet. Saya pun minta bantuan pak beak untuk mendorong mobil ke tepi.

Setelahnya, saya cari bengkel lagi untuk memperbaiki, untung kali ini...lokasi mogok tidak jauh dari bengkel mobil. setelah dicek...pak montir bilang kalau fuel pump bermasalah. bensin tidak bisa mengalir. Setelah di bongkar, dia menyarankan untuk beli Fuel pump baru. Saya pun menurut saja, sambil berharap mobil segera kelar...dapat di geber ke rumah.

Fuel pump pun diganti baru seharga Rp.850.000,00,dan tangki bensin di kuras (dibersihkan). Saatnya mobil dicoba distarter dan dicoba meluncur ke jalan.....baru didepan bengkel sudah mogok lagi.....Akhirnya mobil tersebut harus dibongkar lagi......ternyata filterrnya kotooor banget. bensin tidak bisa mengalir. Pak Montir bilang filter harus diganti...terpaksa keluar dana lagi Rp.400.000 tuk beli filter. (mungkin tadi cukup diganti filterr saja, fuel pump gak usah ganti, gerutuku  penuh penyesalan).

Setelah filter juga di ganti....wuzzz...wuzzzz honda jazz ku kembali menunjukan performa seperti biasanya...sepanjang jalan ku ingat petuah pak montir: untuk tidak terulang filter dan fuel pump kena masalah baiknya: Bensin harus selalu penuh. jangan sampai bensin kurang dari separro sehingga fuel pump senantiasa dingin,  dan kotoran bensin juga tidak masuk filter.
Kalo bensin tidak penuh, maka rongga udara pada tangki juga akan mengalami pengembunan jadi akan ada titik-titik air....lama-kelamaan air menggumpal diantara bensin, suatu saat akan masuk filter dan jadi ngadat lagi. Secara  berkala, tangki bensin juga perlu dikuras.

Smoga manfaat.

1 komentar:

Silahkan share pengalaman anda......